PERSAUDARAAN KARNA ALLAH

Oleh: Ust. H. Yasir Maqosid, Lc

Hubungan antar manusia selalu dinamis dan berkembang. Sebab, manusia bukanlah materi semata, bukan pula sekadar akal. Lebih dari itu, manusia juga mampunyai hati dan perasaan. Artinya, manusia punya kehidupan emosional yang tidak bisa disepelekan. Hubungan antara manusia memiliki ragam bentuk; adakalanya merupakan hubungan cinta dan persaudaraan, bisa sebatas hubungan pertemanan, hubungan yang saling menguntungkan, bahkan hubungan yang tidak harmonis karena saling membenci, dan sebagainya. Berangkat dari semua itu, maka kuat-lemahnya hubungan antar manusia sangat berbeda-beda.
Di antara nilai luhur yang menyatukan manusia adalah persaudaraan, yaitu persaudaraan yang dilandasi karena Allah swt. Selaras dalam hal ini, Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya tali keimanan yang paling kuat adalah engkau saling mencintai karena Allah, dan saling membenci karena Allah.” (HR. Ahmad) Artinya, dalam berinteraksi dengan orang lain yang menjadi ukurannya adalah ridha Allah. Ketika kita mencintai seseorang, dasarnya adalah karena mengharap ridha Allah. Begitu pula ketika kita membenci seseorang, dasarnya karena mengharap ridha Allah dan takut terhadap siksa Allah.
Adapun saling mencintai karena Allah memiliki banyak sekali manfaat antara lain :
1. Mencintai karena Allah menyebabkan Allah mencintai kita.
Ketika kita mencintai seseorang didasari mengharap ridha Allah, maka Allah akan mengetahui hal itu dan memberi balasan berupa rasa cinta dan ridha-Nya kepada kita. Sedangkan ketika dua orang sahabat saling mencintai karena Allah, maka yang paling dicintai Allah di antara keduanya adalah yang paling besar rasa cintanya kepada sahabatnya. Rasulullah saw bersabda, “Tiada dua orang yang saling mencintai karena Allah, kecuali yang paling dicintai Allah di antara mereka berdua adalah yang paling besar kecintaannya terhadap temannya.” (HR. Ath-Thabrani)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s